Contoh Cerita Rakyat dari Betawi dalam Bahasa Indonesia

Cerita rakyat merupakan cerita yang ada di suatu daerah dan dilestarikan oleh rakyat di daerah tersebut. Biasanya cerita itu dilestarikan dengan diceritakan dari satu orang ke lain orang. Adapun isi sebuah cerita rakyat biasanya tentang legenda terbentuknya daerah mereka, mitos di daerah mereka, serta tokoh jagoan mereka di masa lalu. Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai ceirta rakyat adalah JAkarta atau yang biasa juga disebut Betawi. Pada artikel kali ini, kita akan menetahui seperti apa contoh cerita rakyat dari daerah Jakarta atau Betawi, Contoh tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Si Pitung*

Di suatu daerah bernama Rawa Belong, hiduplah sesosok jagoan bernama Si Pitung. Jagoan satu ini berwatak saleh, di mana dia selalu rajin salat dan belajar mengaji. Jagoan satu ini pun juga selalu belajar agama dari ulama kesayangannya, Haji Naipin. Selain saleh dalam agama, jagoan satu ini pun juga pandai dalam melakukan beladiri silat. Setiap habis mengaji, Si Pitung selalu berlatih guna meningkatkan meampuan silatnya.

Bisa dibilang saat itu Si Pitung hidup di masa penjajahan Belanda. Di masa itu, rakyat Betawi diperas oleh penjajah, baik harta ataupun tenaganya. Tak terhitung berpa harta dan nyawa yang diperas oleh para penjajah. Melihat hal itu, Si Pitung pun terenyuh hatinya, dan dan ia pun memutuskan untuk membela wakyat Betawi yang tertindas.

Bersama dua temannya yang bernama Rais dan Ji’i, Si Pitung pun membuat aksi membela rakyat dengan cara merampok rumah taun tanah dan tauke kaya di sekitar daerah tempatnya tinggal. Hasil rampokannya itu dia berikan kepada rakyat jelata yang telah ditindasa oleh Belanda.

Apa yang dilakukan Si Pitung pun membuat Kumpeni Belanda resah. Pihak Belanda pun mencoba menggali informasi tentang siapa Si Pitung dan keberadaanya kepada warga sekitar. Namun warga tak kunjung menjawab. Tak menyerah, Kompeni Belanda pun mencoba membujuk warga dengan iming-iming uang yang besar. Namun, hal itu pun tak mempan juga. Kumpeni Belanda pun terpaksa melakukan tindak kekerasan kepada para warga, dan dengan cara itulah mereka berhasil mengetahui informasi tentang Si Pitung.

Pihak kumpeni pun berhaisl mendapat informasi mengenai Si Pitung, terutama mengenai kelebihan dan kelemahannya. Si Pitung mempunyai kelebihan kebal senjata dan ilmu silat yang membuatnya leluasa merampok, tanpa mudah ditangkap ataupun ditembak.

Keluarga dan ulama kesayangan Si Pitung adalah kelemahan dari sang jagoan tersebut. Pihak kumpeni pun menangkap keluarga dan guru Si Pitung tersebut agar Si Pitung muncul dihadapan mereka. Si Pitung pun akhirnya muncul juga. Si Pitung mencoba melawan mereka, namun tak sanggup. Ajal pun akhirnya menghampiri sang jagoan Betawi tersebut.

Demikianlah contoh cerita rakyat dari Betawi dalam Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai cerita dari Betawi khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekeliruan di dlam artikel kali ini. Sekian dan terima kasih.

Jika pembaca ingin menambah referensi soal cerita, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh cerita rakyat Indonesia, contoh cerita cerpen, contoh cerita novel, contoh cerita cerpen dan novel dalam bahasa Indonesia, contoh cerita alur maju, contoh cerita pengalaman pribadi, dan contoh  cerpen fabel.

*referensi: http://dongengceritarakyat.com/cerita-rakyat-jakarta-jagoan-betawi/

, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 10th, June 2018 / 03:09 Oleh :
Kategori : Cerita