Contoh Cerita Rakyat Indonesia

Cerita rakyat merupakan cerita yang ada di suatu daerah dan diceritakan oleh rakyat daerah tersebut dari satu orang jke lain orang. Di Indonesia, jumlah cerita banyak tergolong banyak, sebanyak jumlah daerah di negara kita tersebut. Cerita rakyat sendiri biasanya disampaikan secara lisan, dari orang ke orang. Adapun isi dari cerita rakyat sendiri biasanya berupa legenda terbentuknya daerah mereka, atau mitos-mitos yang ada di sekitar mereka.

Pada artikelkali ini, kita akan mengetahui seperti apa contoh dari cerita rakyat tersebut. Contoh tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Cindelaras*

Suatu hari, terdapat suatu kerajaan bernama Kerajaan Jenggala yang dipimpin oleh raja bernama Raden Putra. Dalam memimpin kerajaannya, sang raja didampingi seorang permaisuri yang baik hati dan seorang selir yang jahat wataknya. Sang raja pun hidup rukun bersama kedua wanita itu, sebelum sang selir melakukan suatu tindakan buruk yang merusak kerajaannya. Sang selir yang mempunyai sifat iri itu ingin menjadi permaisuri sang raja, dan berniat untuk menyingkirkan permaisuri raja yang sekarang.

Untuk memuluskan rencananya tersebut, sang selir pun bekerja sama dengan seorang tabib istananya. Sang selir pun melaksanakan rencananya dengan cara berpura-pura sakit di depan sang raja. Sang raja yang melihat selirnya yang sakit itu pun segera memanggil tabib istananya. Sang tabib pun pura-pura memeriksa sang selir dan kemudian berkata bahwa sang selir telah diracun. Tanpa tendeng aling-aling, sang tabib pun menuduh permaisuri sang raja sebagai orang yang telah meracuin sang selir. Raja pun murka. Sang permaisuri pun dibuang dari istana. Sang raja pun mmerintahkan sang patih untuk membawa permaisurinya ke hutan untuk dibuang dan dibunuh di sana.

Sang permaisuri pun telah dibawa sang patih ke hutan. Sang permaisuri memang telah dibuang. Namun, sang permaisuri tidak dibunuh oleh sang patih karena tak tega hati. Selain tak tega, sang patih kerjaan itu pun sudah mengetahui rencana jahat selir kerajaan kepada sang permaisuri. Akhirnya sang patih pun menempatkan sang permaisuri ke sebuah gubug di hutan tersebut dan melumuri pedangnya dengan darah. Pedang tersebut sengaaja dilumuri olehnya supaya dia bisa meyakinkan sang raja, bahwa permaisuri telah dibunuh olehnya.

Singkat cerita, sang permaisuri yang terbuang di hutan telah melahirkan seorang anak bernama Cindelaras. Rupanya, saat dibuang sang raja, sang permaisuri tengah berbadan dua. Cindelaras ppun didiknya menjadi seorang anak lelaki yang kuat dan baik hatinya.

Pada suatu hari, Cindelaras akhirnya bisa menemui sang raja yang notabene adalah ayah kandungnya. Pertemua itu terjadi saat sang raja mengadakan lomba sabung ayam, di mana Cindelaras adalah salah satu pesertanya. Cindelaras yang menang pun akhirnya mendapat hadiah dari lomba tersebut, yaitu separuh kerajaan sang raja. Sebelum haadiah diberikan sang raja menanyai siapa Cindelaras sebenarnya. Sang patih yang berada di dekat sang raja dan CIndelaras pun berujar, bahwa Cindelaras adalah anak sang permaisuri.

Sang raja pun terkaget dan menyadari kesalahannya. Cindelaras dan sang permaisuri pun dikembalikan ke istana, sedangkan sang selir beserta sang tabib pun dihukum oleh sang raja.

Demikianlah contoh ceirta rakyat dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambah wawasan soal cerita, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: contoh cerita cerpen, contoh cerita novel, contoh cerita cerpen dan novel dalam bahasa Indonesia, contoh cerita singkat, contoh cerita pengalaman pribadi, contoh cerita alur maju, serta contoh cerita mite atau mitos. Semoga bermanfaat.

*referensi: http://www.ufroog.com/cerita-rakyat.html/5

, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 10th, June 2018 / 02:35 Oleh :
Kategori : Cerita