Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan tentang Pertanian

Paragraf eksposisi perbandingan adalah salah satu jenis paragraf eksposisi yang berisi perbandingan tentang suatu hal dengan hal yang lain. Hal yang digunakan sebagai pembanding harus lebih nyata atau konkret atau minimal dapat dipahami secara umum. Berikut adalah contoh paragraf eksposisi perbandingan tentang pertanian :

Metode Pertanian Konvensional dan Modern

Secara umum, terdapat dua metode pertanian yaitu metode pertanian konvensional dan metode pertanian modern. Masing-masing metode memberikan pengaruh yang berbeda terhadap produktivitas hasil pertanian. Perbedaan kedua metode pertanian ini terletak pada konsep pertanian yang diterapakan, alat-alat pertanian yang digunakan, dan sifat ketahanan hasil panen.

Metode pertanian konvensional banyak diterapkan di negara-negara berkembang dibandingkan negara-negara maju. Alat-alat pertanian yang digunakan pun masih tradisional seperti tenaga manusia untuk menanam, memanen, dan mengolah hasil-hasil pertanian; tenaga hewan seperti kerbau untuk membajak sawah; cangkul; dan sabit. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian konvensional umumnya adalah konsep pertanian non organik yakni suatu konsep pertanian yang lebih mengandalkan digunakannya bahan-bahan kimia seperti pestisida untuk menjaga dan pupuk kimia untuk mempercepat tumbuhkembang tanaman. Digunakannya bahan kimia pada pertanian konvensional berdampak pada sifat ketahanan hasil panen yang tidak berlangsung lama atau bersifat jangka pendek. Akibatnya, negara yang menganut sistem pertanian konvensional cenderung lebih bergantung pada impor karena terbatasnya ketersediaan hasil pertanian.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan metode pertanian modern. Negara-negara maju banyak yang telah menerapkan metode pertanian modern. Alat-alat pertanian yang digunakan pun jauh lebih modern dibandingkan dengan metode pertanian konvensional seperti digunakannya robot, sensor suhu dan kelembaban udara, atau teknologi GPS. Konsep pertanian yang diterapkan pada pertanian modern adalah pertanian organik yakni sistem pertanian yang mengandalkan penggunaan bahan-bahan alami atau bahan organik dan melarang keras digunakannya bahan kimia dalam proses pertanian. Digunakannya bahan-bahan alami atau bahan organik membuat ketahanan hasil pertanian lebih bersifat jangka panjang dan kestabilan serta keberlanjutan pertanian pun dapat terjaga.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh paragraf eksposisi perbandingan tentang pertanian. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan paragraf eksposisi dan contoh diantaranya adalah contoh paragraf eksposisi definisicontoh paragraf eskposisi klasifikasicontoh paragraf eksposisi ilustrasicontoh paragraf eksposisi beritacontoh paragraf eksposisi pertentangan, contoh paragraf eksposisi prosescontoh paragraf eksposisi proses tentang minuman, contoh paragraf eksposisi proses tentang makanan, contoh paragraf eksposisi proses pembuatan tahu,  contoh paragraf eksposisi definisi tentang pendidikan, dan contoh paragraf eksposisi klasifikasi tentang kesehatan. Sekian dan terima kasih.

*Disadur dan diadaptasi dari artikel Dinamika Pertanian Konvensional dan Pertanian Modern – pioneer.com

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 09th, August 2018 / 03:24 Oleh :
Kategori : Paragraf