Contoh Tajuk Rencana Singkat dalam Bahasa Indonesia

Salah satu diantara jenis-jenis karangan semi ilmiah adalah tajuk rencana. Tajuk rencana sendiri merupakan suatu tulisan di media massa yang berisi tanggapan atau pandangan media tersebut terhadap isu yang sedang hangat di masyarakat. Tajuk rencana sendiri biasanya ditulis oleh beberapa orang yang ditunjuk khusus oleh pihak redaksi. Adapun isu yang ditanggapi bukanlah sekadar isu yang hangat di masyarakat. Isu yang ditanggapi di tajuk rencana biasanya merupakan isu yang relvena untuk ditanggapi, baik oleh media ataupun masyarakat.

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui salah satu contoh dari tajuk rencana. Contoh ini sendiri merupakan contoh tajuk rencana yang diambil dari suatu media massa dan ditulis secara singkat, lebih singkat daripada versi aslinya. Adapun contoh tersebut adalah sebagai berikut ini!

Memperbaiki Kompetensi ASN*

Sebanyak 60% dari total 4,5 juta Aparatur Sipil Negara (ASN, pen) ternyata hanya menguasai kemampuan administrasi. Tak lebih dari 40% yang memiliki keahlian teknis. Data tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, pekan lalu. Apakah data tersebut mengejutkan?

Fakta tersebut sesungguhnya sudah lama terjadi. Bahwa kementerian PANRB baru menyadarinya dalam bentuk angka dan persentase setelah melakukan pemetaan selama satu bulan terakhir, itulah fakta barunya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 TAhun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), ASN adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Agar negara ini dapat bergerak cepat mengimbangi kemajuan negara-negara lain, tentu saja dibutuhkan lebih banyak ASN yang memiliki keahlian khusus, bukan sebatas kemampuan administrasi. Yang kemudian menjadi masalah, ternyata lebih banyak ASN yang tidak memiliki keahlian teknis. Perhitungan sederhananya, 60% persen dari total 4,2 juta ASN berarti terdapat sekitar 2,7 juta ASN tidak berkeahlian di seluruh negeri.

Itu berarti ada yang salah dalam perekrutan mereka, Kita sepakat dengan Asman yang menyatakan, tidak sedikit dari 60% ASN tersebut direkrut melalui jalur titipan. Bagaimana seseorang dengan keahlian dan prestasi justru tersingkir oleh mereka yang nyaris tidak tahu apa-apa, sudah bukan cerita baru. Karena kenyataan itu sudah ama terjadi, bisa kita bayangkan betapa parahnya kerusakan sistem di negeri kita.

Dengan kondisi seperti ini, pilihannya memang hanya dua, tetap meneruska dengan tenaga yang ada atau memberhentikan mereka yang tidak memiliki keahlian teknis tersebut. Untuk saat ini, pemerintah menempuh jalan pertama, yaitu akan mendidik 60% ASN tersebut. Untuk mendukung langkah tersebut, presiden–dikatakan Asman–menginstruksikan semua lembaga pendidikan di bawah Kementrian dalam Negeri (termasuk IPDN) untuk berbenah. Instruksi serupa disampaikan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang berada di bawah kementerian lain, seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian Perhubungan.

Demikianlah contoh tajuk rencana singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan baru bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai tajuk rencana khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Jika pembaca ingin menambah eferensi soal hal-hal yang berkaitan dengan jenis karangan semi ilmiah, maka pembaca bisa membuka beberapa artikel berikut, yaitu: jenis-jenis esai, struktur esai yang baik, cara membuat esai yang benar, contoh resensi buku novel, contoh resensi buku cerpen, serta artikel cara menulis resensi film.

Sekian dan juga terima kasih.

*Dikutip dari koran Pikiran Rakyat edisi Senin, 29 Agustus 2016 (dengan sedikit perubahan).

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 04:38 Oleh :
Kategori : Karangan