6 Jenis-Jenis Kata Sandang Tunggal dalam Bahasa Indonesia

Kata sandang tunggal merupakan salah satu diantara jenis-jenis kata sandang berdasarkan fungsinya. Adapun fungsi dari kata sandang ini adalah untuk memuliakan atau memberikan penghormatan pada suatu hal yang berjumlah tunggal dan mempunyai derajat yang tinggi di mata masyarakat. Dalam artikel jenis-jenis kata sandang, telah disebutkan bahwa jenis kata sandang tunggal terdiri atas beberapa jenis, di mana beberapa jenis kata sandang tunggal tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Sang

Jenis-jenis kata sandang tunggal yang pertama adalah kata sang. Kata ini merupakan suatu kata sandang yang berfungsi untuk memuliakan seseorang, hewan, atau suatu benda yang dianggap mempunyai derajat yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini!

  • Sang raja telah tiba di istananya.
  • Sang kancil pun berhasil menipu seekor harimau yang hendak memangsanya.
  • Sang Saka Merah Putih pun telah dikibarkan, dan seluruh peserta upacara pun memberikan penghormatan kepadanya.

Kata raja, kancil, dan, Saka Merah Putih merupakan seseorang, hewan, dan benda yang dianggap mempunyai derajat yang tinggi di masyarakat, entah itu karena kekuasannya, kemampuan dalam dirinya, ataupun karena nilai kesakralan khusus yang terkandung di dalamnya. Karena hal-hal tersebut, maka 3 kata di atas pun diberi kata sandang sang di depannya.

2. Sri

Jenis kata sandang tunggal selanjutnya adalah kata sri. Kata sandang ini sering disandangkan di depan nama seseorang yang merupakan keturunan raja atau seseorang yang memiliki gelar yang tinggi. Misalnya:

  • Sri Sultan Hamengku Buwono X menyambut kedatangan presiden Joko Widodo di Keraton Yogyakarta.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Sultan Hamengku Buwono X merupakan keturunan dari raja-raja yang pernah memimpin Yogyakarta. Oleh karenanya, pemberian kata sandang sri di depan namanya merupakan suatu hal yang lazim.

3. Hang

Kata sandang ini merupakan kata sandang yang berasal dari era kesusateraan Melayu Klasik dan kini sudah tidak pernah dipakai lagi di kehidupan sehari-hari. Adapun fungsi dari kata sandang ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada seorang lelaki yang dihormati atau disegani oleh masyarakat. Misal:

  • Hang Tuah merupakan tokoh yang termasyur di Tanah Melayu saat itu.

4. Dang

Seperti halnya kata hang, kata dang pun merupakan kata sandang yang berasal dari era kesusasteraan Melayu Klasik dan sudah tidak dipakai lagi di zaman ini. Bedanya, kata sandang ini dipakai untuk perempuan yang dihormati atau disegani oleh masyarakat saat itu. Misalnya:

  • Dang Siti sedang belajar merajut bersama ibunya.

5. Hyang

Kata sandang ini merupakan kata sandang yang berungsi sebagai bentuk pengagungan kepada Dewa-Dewi yang ada dalam ajaran agama Hindu. Misalnya:

  • Umat Hindu percaya bahwa Sang Hyang Widhi akan memberikan keselamatan pada umatnya yang menempuh jalan Dharma.

6. Yang

Jenis-Jenis kata sandang tunggal terakhir adalah kata Yang. Kata sandang ini berfungsi sebagai bentuk pengaggungan dan penghormatan kepada nama julukan Tuhan dan seseorang yang mempunyai derajat yang amat tinggi di masyarakat. Misalnya:

  • Hanya Dialah Yang Maha Mengetahui segala isi hati manusia.
  • Yang mulia raja telah sampai di istana.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kata sandang tunggal dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa jenis kata lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel jenis-jenis kata benda, jenis-jenis kata kerja, jenis-jenis kata sifat, jenis-jenis kata keterangan, dan jenis-jenis kata depan. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 20:26 Oleh :
Kategori : kata sandang