3 Jenis-Jenis Kata Sandang Jamak dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kita telah mengetahui apa saja yang termasuk ke dalam jenis-jenis kata sandang tunggal. Kali ini, kita akan mengetahui apa saja yang termasuk jenis-jenis kata sandang jamak. Kata sandang jamak sendiri merupakan kata sandang yang lazim disandangkan di depan nama suatu kelompok yang terbentuk oleh suatu indikator tertentu. Seperti halnya kata sandang tunggal, kata sndang jamak juga termasuk ke dalam satu diantara jenis-jenis kata sandang berdasarkan fungsinya.

Adapun beberapa jenis kata sandang jamak–yang dinukil dari artikel jenis-jenis kata sandang–adalah sebagai berikut ini!

1. Para

Jenis-jenis kata sandang jamak yang pertama adalah kata para. Kata sandang ini merupakan kata sandang yang disandangkan pada nama suatu kelompok yang terbentuk atas adanya kesamaan umum yang terlihat dari diri mereka, seperti jenis kelamin dan pekerjaan . Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini!

  • Para demonstran tengah berdemo di depan gedung MPR pada pagi hari tadi.
  • Para pria di desa itu tengah melakukan kegiatan kerja bakti.
  • Para siswa tengah mengikuti ujian akhir semester dengan tenang dan khidmat.

Kata demonstran, pria, dan siswa pada kalimat di atas merupakan nama suatu kelompok yang terbentuk atas persamaan pekerjaan dan jenis kelamin, sehingga ketiga kata tersebut bisa diberi kata sandang para di depannya.

2. Kaum

Jenis-jenis kata sandang jamak selanjutnya adalah kata kaum. Kata sandang ini sering disandangkan di depan nama kelompok yang terbentuk baik karena persamaan umum seperti jenis kelamin dan pekerjaan, maupun persamaan khusus seperti pemahaman, jabatan, atau status sosial. Misalnya:

  • Kaum intelektual tengah berdiskusi soal keriuhan politik yang terjadi di beberapa tahun terakhir.
  • Beberapa daerah di Indonesia masih belum memberi fasilitas umum yang layak untu kaum difabel.
  • Kaum papa di desa itu butuh bantuan berupa materi yang cukup untuk membantu kehidupan mereka sehari-hari.

Kata intelektual, difabel, dan papa pada kalimat di atas merupakan nama kelompok yang terbentuk oleh persamaan khusus seperti pemahaman dan status sosial, sehingga ketiga kata tersebut bisa disandangkan dengan kata sandang kaum.

3. Umat

Jenis-jenis kata sandang jamak yang terakhir adalah kata sandang umat. Kata sandang ini merupakan kata sandang yang disandangkan kepada nama kelompok yang terbentuk atas persamaan keyakinan, terutama keyakinan dalam memeluk suatu agama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa contoh berikut ini!

  • Umat Muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan yang jatuh di bulan Mei nanti.
  • Umat Kristiani di seluruh Indonesia merayakan Hari Natal dengan damai dan sukacita.

Kata Muslim dan Kristiani pada dua kalimat di atas merupakan nama kelompok yang terbentuk atas dasar persamaan agama yang dianut. Maka dari itu, dua kata tersebut bisa disandangkan dengan kata sandang umat.

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa jenis-jenis kata sandang jamak terdiri atas 3 jenis, yaitu para, kaum, dan umat. Ketiga kata sandang ini disandangkan pada nama kelompok tertentu yang terbentuk atas beberapa indikator tertentu, seperti jeenis kelamin, pemikiran, ataupun agama yang dianut,

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis kata sandang jamak dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa jenis kata lainnya, pembaca bisa membuka artikel jenis-jenis kata kerja, jenis-jenis kata benda, jenis-jenis kata sifat, jenis-jenis kata depan, dan jenis-jenis kata keterangan. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 21:26 Oleh :
Kategori : kata sandang