Jenis-Jenis Kata Sandang Netral dalam Bahasa Indonesia

Kata sandang netral adalah salah satu diantara jenis-jenis kata sandang berdasarkan fungsinya. Adapun fungsi dari kata sandang ini adalah untuk disandangkan di depan nama suatu hal yang tidak terikat oleh jumlah ataupun tingkat kemuliaan tertentu. Menurut artikel jenis-jenis kata sandang, kata sandang netral dibagi menjadi dua jenis, yang mana dua jenis-jenis kata sandang netral tersebut adalah sebagai berikut ini!

1. Si

Jenis-jenis kata sandang netral yang pertama adalah kata sandang si. Menurut laman kbbi.web.id, kata si merupakan kata sandang yang disandangkan di depan nama orang, julukan, nama hewan, dan nama tumbuhan yang tidak mempunyai derajat yang tinggi atau tidak terlalu dihormati di kalangan masyarakat. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini!

  • Si Juki tengah menyapu halaman rumahnya yang penuh dengan daun-daun berserakan.
  • Si Budi tengah mencari kucingnya yang pergi entah ke mana.
  • Entah mengapa, Eman si jenaka kini tidak sejenaka dulu lagi.
  • Jenny si mata bundar kini tengah berulang tahun yang kedua puluh tiga.
  • Si kancil berhasil mengelabui seekor gajah dan juga seekor babi hutan.
  • Boni si kucing kini tengah tertidur di runag tamu rumahku.
  • Dogi si anjing berhasil menangkap seorang pencuri yang hendak mencuri di rumah majikannya.
  • Tutus si Kaktus masih tetap tinggal di padang pasir yang tandus.
  • Andri memberikan istrinya mawar si bunga yang berduri tajam.

Kata-kata seperti Juki, Budi, jenaka, mata bundar, kancil, kucing, anjing, kaktus, dan bunga yang berduri tajam adalah beberapa kata yang termasuk nama orang, julukan, hewan, dan tumbuhan yang dapat disandangkan kata sandang si.

2. yang

Jenis-jenis kata sandang netral yang kedua dan terakhir adalah kata sandang yang. Sekilas, kata sandang ini mirip dengan kata sandang Yang yang merupakan salah satu diantara jenis-jenis kata sandang tunggal. Bedanya, kata sandang yang pada jenis kata sandang netral ditujukan untuk seseorang yang tidak mempunyai gelar kehormatan yang tinggi. Sementara itu, Yang pada kata sandang tunggal dipakai untuk menyandangkan nama julukan Tuhan dan juga seseorang yang dianggap mempunyai gelar kehormatan yang tinggi.

Selain itu, perbedaan lain yang terdapat pada dua kata sandang ini adalah letak kata sandang tersebut. Kata sandang netral yang diletakkan setelah kata orang tersebut, sedangkan kata sandang tunggal Yang diletakkan di depan nama julukan Tuhan atau seseorang yang dihormati.

Untuk lebih memahami jenis kata sandang netral ini, marilah kita perhatikan beberapa contoh di bawah ini!

  • Gadis yang cantik itu kini telah pergi untuk selama-lamanya.
  • Pria yang angkuh itu kini telah bertobat.
  • Gadis yang mungil itu ternyata pernah menjadi tetanggaku sewaktu kami kecil.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis kata sandang netral dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa jenis kata lainnya, maka pembaca bisa membuka artikel jenis-jenis kata sandang jamak, jenis-jenis kata kerja, dan jenis-jenis kata sifat. Adapun jika pembaca ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kata sandang netral, pembaca bisa melihat beberapa contoh jenis kata sandang tersebut dalam artikel contoh kata sandang netral. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian, baik itu mengenai kata sandang netral pada khususnya, maupun mengenai mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan juga terima kasih banyak.

, , , , , ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 23:01 Oleh :
Kategori : kata sandang