40 Kalimat Saran dan Kalimat Kritik dalam Bahasa Indonesia

Kalimat Saran dan Kalimat Kritik dalam Bahasa Indonesia – Terdapat banyak jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia. Pada kesempatan sebelumnya, telah dibahas mengenai kalimat inti, kalimat tanggapan, macam macam kalimat berita, kalimat ajakan, kalimat larangan, dll. Sekarang tiba giliran bagi kalimat saran dan kalimat kritik. Dalam bahasa Indonesia, kalimat saran dan kalimat kritik dapat berdiri sendiri ataupun terjadi dalam satu kalimat (gabungan).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, saran berarti pendapat yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Sehingga kalimat saran dapat diartikan sebagai sebuah kalimat yang memuat pendapat (biasanya berupa solusi) yang dikemukakan kepada seseorang atas suatu permasalahan atau objek. Selain kalimat saran, dikenal juga kalimat kritik. Kritik sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti tanggapan atas suatu hasil karya, pendapat, dll. Kalimat kritik adalah kalimat yang memuat komentar atas suatu objek atau permasalahan.

Kalimat saran dan kalimat kritik dapat disampaikan secara terpisah. Akan tetapi keduanya juga dapat disampaikan dalam satu kalimat. Kalimat saran dan kritik sarat akan pendapat yang berupa solusi atau penilaian, baik penilaian baik atau buruk. Walaupun kritik biasanya identik dengan pendapat bernilai negatif. Kalimat ini sering diutarakan ketika ada permasalahan, atau ketika sedang melakukan diskusi.

Untuk lebih mudah memahami materi pembahasan kali ini, berikut diberikan contoh kalimat saran dan kalimat kritik.

  • Contoh Kalimat Saran
    1. Gambar ini tidak mengandung arti karena terlihat sangat hampa dan tidak terorganisir.
    2. Kamarmu sangat kotor dan berantakan.
    3. Pekerjaanmu sungguh jauh dari standar operasional perusahaan.
    4. Karanganmu melenceng jauh dari tema dan tidak sesuai syarat yang diminta.
    5. Keputusan pemerintah menghentikan impor daging mungkin akan berdampak negatif bagi pasar.
    6. Keputusan Rani mencaci maki Romi sungguh tidak pantas dan memalukan.
    7. Hasil cucianmu tidak bersih dan sungguh mengecewakan.
    8. Puisimu tidak menarik sama sekali.
    9. Perbuatan Budi sangat tidak ramah terhadap pelanggan
    10. Toko ini sangat kotor dan tidak memperhatikan kadaluarsa produk
  • Contoh Kalimat Kritik
    1. Seharusnya gambar ini lebih diatur pewarnaannya agar lebih terlihat bermakna.
    2. Sebaiknya kau membersihkan dan merapikan kamarmu segera.
    3. Kau seharusnya lebih memperhatikan dan memahami standar operasional perusahaan dalam bekerja.
    4. Akan lebih baik lagi jika dalam membuat karangan kau menentukan dulu tema dan ketentuan yang diminta.
    5. Pemerintah seharusnya tetap melakukan impor daging tetapi dalam jumlah kecil, hal ini ditujukan untuk mencukupi kebutuhan daging di pasar.
    6. Rani seharusnya berbicara baik-baik kepada Romi dan mencari jalan keluar bersama.
    7. Kau harusnya lebih cermat dalam mencuci pakaian.
    8. Coba buatlah puisi yang lebih menarik, kau bisa membaca terlebih dahulu contoh-contoh puisi terkenal.
    9. Budi hendaknya bersikap ramah dan sopan terhadap pelanggan.
    10. Toko ini seharusnya dijaga kebersihannya dan selalu mengupdate tanggal kadaluarsa semua produk yang dijualnya.

  • Contoh Kalimat Saran dan Kritik
    1. Jalanan di desa ini banyak lubang, pihak kelurahan seharusnya segera melakukan perbaikan sebelum ada warga yang celaka.
    2. Ani memang anak yang rajin tetapi suka berbicara kasar, seharusnya Ani lebih menjaga kesopanannya dalam berbicara.
    3. Suara Rina sangat merdu tetapi ia tidak menggunakan teknik menyanyi dengan benar, akan lebih baik lagi jika ia belajar teknik bernyanyi kepada seorang guru vokal.
    4. Tamanmu memang terlihat asri karena banyak pohon hijau, tetapi seharusnya kau menambah tanaman berbunga agar lebih terlihat berwarna.
    5. Perbuatan Miko terhadap teman-temannya sungguh keterlaluan, Miko seharusnya minta maaf dan berjanji tidak akan bersikap demikian lagi di lain waktu.
    6. Kue buatanmu rasanya sangat lezat tetapi tampilannya sangat tidak menarik, seharusnya kau menghiasnya dengan lebih baik lagi.
    7. Karanganmu tertulis dengan rapi tetapi sayang tidak sesuai tema, sebaiknya kau lebih memperhatikan intruksi dari gurumu.
    8. Toko ini sangat kotor dan tidak memperhatikan kadaluarsa produk, seharusnya pemilik dan karyawannya selalu menjaga kebersihan dan selalu mengupdate tanggal kadaluarsa semua produk yang dijualnya.
    9. Kebiasaan begadangmu itu sungguh tidak baik dan tidak menyehatkan, lebih baik kau mencoba mengatur lagi waktu istirahatmu agar kesehatanmu tetap terjaga.
    10. Lelaki itu sungguh telah berbuat yang sepantasnya kepada keluarganya, seorang lelaki yang merupakan kepala rumah tangga memang seharusnya selalu mencukupkan nafkah lahir dan batin untuk keluarganya.
    11. Gaya pakaianmu sangat terbuka, kau seharusnya mengganti gaya pakaianmu menjadi lebih sopan atau kau bisa menggunakan hijab agar semua auratmu tidak terumbar di depan orang banyak.
    12. Pemerintah salah langkah dalam mengambil keputusan menaikkan harga BBM, akan lebih baik lagi jika pemerintah lebih memperhatikan konsekuensinya bagi rakyat kecil.
    13. Penampilanmu kurang memperlihatkan kemampuanmu yang sebenarnya dan kau sangat terlihat gugup, sebaiknya kau lebih banyak berlatih lagi mulai sekarang.
    14. Warna dinding yang dipilih Pak Tejo sangat kuno, akan lebih baik jika ia memilih warna-warna modern dan lebih cerah, misalnya hijau tosca.
    15. Pantun yang kau buat tidak berrima, cobalah lebih memperhatikan rima pada pantun itu agar pantunmu terdengar lebih bagus lagi.
    16. Hasil cucianmu tidak bersih dan sungguh mengecewakan, Kau harusnya lebih cermat dalam mencuci pakaian dan membersihkan semua noda yang ada.
    17. Tugas yang Ibu berikan untuk murid-murid terlalu banyak, Ibu seharusnya dapat memberikan waktu bermain yang cukup bukannya menyusahkan mereka dengan tugas yang menumpuk dan merampas hak mereka untuk dapat bermain.
    18. Perkataan Tiwi sangat menyakiti ibunya, Tiwi harusnya bisa lebih sopan dan lemah lembut kepada ibunya.
    19. Motif baju yang kau pilih membuat kau terlihat lebih gendut, mungkin sebaiknya kau memilih baju dengan motif bunga kecil atau motif garis vertikal bukannya horizontal.
    20. Keputusanmu keluar dari rumah sudah menyakiti semua keluargamu, lebih baik kau memikirkannya lagi matang-matang.

Sekian artikel tentang kalimat kritik dan kalimat saran dalam Bahasa Indonesia. Semoga contoh-contoh yang diberikan dalam artikel ini dapat Anda pahami dengan mudah dan berguna sebagai referensi belajar. Terima kasih.

, , , ,
Post Date: Friday 24th, March 2017 / 17:50 Oleh :
Kategori : Kalimat