Verba Aktif dan Contoh Kalimatnya dalam Bahasa Indonesia

Kata “verba” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti kata yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan, kata kerja. Jadi, verba aktif merupakan kata kerja yang subyeknya berperan sebagai pelaku. Umumnya verba aktif ini biasanya memiliki awalan atau berprefiks me-, ber-. Namun dapat pula tanpa prefiks. Agar lebih mudah dipahami, simak contoh berikut ini :

Contoh Kalimat Verba Aktif :

  1. Dia mencintai saya.
  2. Saya makan nasi.
  3. Ibu membuatkan saya baju.
  4. Kakak memasakkan kami makanan.
  5. Pak tani menanami sawah.
  6. Adik menyirami bunga.
  7. Orang itu memukuli anjingnya.
  8. Paman menguliti kambing.
  9. Ali memberi herlina bunga.
  10. Pak pos berteriak memanggil satpam sekolah.

Itu adalah beberapa contoh kalimat verba aktif yang pendek, ada juga beberapa contoh kalimat verba aktif yang panjang, yaitu :

  1. Meski keadaannya sulit, namun ia tetap bertahan demi kebahagiaan hidup orang tua dan adik-adiknya di kampung halaman.
  2. Polisi menilang setiap kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat bermotor, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.
  3. Tetangga baru itu bertanya dimana rumah pak RT untuk melaporkan kedatangannya di komplek perumahan ini.
  4. Ia meluapkan semua perasaan kecewa yang dirasakannya agar tidak menjadi dendam di kemudian hari.
  5. Dian adalah salah satu orang yang bersorak paling keras saat klub sepak bolanya berhasil memenangkan kejuaraan itu.
  6. Asep sangat usil, dia suka sekali menakuti adiknya dengan ular mainan.

Semoga beberapa contoh kalimat verba aktif tersebut dalam menambah wawasan Anda. Artikel lainnya yang berkaitan dengan verba, diantaranya adalah contoh kalimat verba aktif, contoh kalimat tunggal verba dan nomina, contoh kalimat berpredikat verba transitif dan intransitif, contoh kalimat berpredikat verba dwitransitif, contoh kalimat berpredikat verba semitransitif, contoh kalimat berpredikat verba intransitif, contoh kalimat berpredikat frasa verba, contoh klausa verba transitif resiprokal, contoh klausa verba transitif medial, contoh klausa verba transitif pasif, contoh klausa verba transitif aktif, klausa verba intransitif, klausa verba transitif, dan ciri-ciri verba dan nomina. Terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 29th, January 2019 / 02:18 Oleh :
Kategori : Kalimat