Contoh Autobiografi Singkat tentang Diri Sendiri

Menurut kbbi.we.id, autobiografi adalah sebuah riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh orang tersebut. Kata autobiografi sendiri berasal dari gabungan tiga kata bahasa Yunani, yaitu autos yang berarti “sendiri”, bios yang berarti hidup, dan graphein yang berarti menulis. (melansir dari id.wikipedia.org/wiki/autobiografi). Autibiografi biasanya berisi tentang riwayat, pengalaman, dan perjalanan hidup seseorang yang ditulis berdasarkan sudut pandang, pengalaman, dan ingatan orang tersebut. Karena sifatnya yang subjektif dan gaya bahasanya yang cenderung semi formal, maka karangan autobiografi bisa juga dikategorikan sebagai salah satu jenis-jenis karangan semi ilmiah, selain jenis-jenis esai.

Untuk mengetahui seperti apa autobiografi tersebut, berikut ditampilkan contoh autiobgrafi singkat tentang diri sendiri.

Autobiografi Vivi Safitri

Hai, namaku Vivi Safitri. Aku lahir di Bandung, 2 Juli 1990. Aku adalah anak satu-satunya dari Ayahku yang bernama Wawan Irawan dan Ibuku yang bernama Tuti Hartuti. Ayahku saat ini masih aktif sebagai guru di sebuah sekolah dasar negeri di Bandung, sedangkan Ibuku adalah berprofesi seorang Ibu rumah tangga.

Meskipun anak tunggal, Ibu dan Ayahku tidak pernah memanjakanku secara berlebihan. Malahan, sejak kecil aku sudah didik oleh kedua orang tuaku untuk mandiri dan disiplin. Awalnya, aku sangat tidak suka dengan cara mendidik kedua orang tuaku itu. Namun, ketidaksukaanku itu kini telah memudar, apalagi setelah kini aku bekerja di luar tempat kelahiranku.

Saat ini aku bekerja sebagai editor di sebuah media daring di Jakarta. Aku sudah bekerja di sana sudah hampir 4 tahun. Sebelum menjadi editor seperti sekarang, aku sempat diplot sebagai wartawan di tempat kerjaku selama dua tahun. Selama dua tahun menjadi wartawan, aku mengalami banyak sekali pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, seperti bertemu dengan tokoh-tokoh terkenal, hingga kesusahan menghubungi narasumber yang hendak diwawancarai.

Karena aku bekerja di Jakarta, maka mau tak mau aku harus mencari tempat tinggal di Ibukota negara kita tercinta ini. Untungnya, kini aku sudah menemukan tempat tinggalku selama bekerja di Jakarta. Aku sendiri kini tinggal di sebuah indekos yang tak jauh dari tempat kerjaku. Lingkungan indekos ini sangat baik dan pemilik indekosnya pun juga sangat ramah kepada setiap penghuni indekos. Selain itu, biaya sewanya pun juga cukup terjangkau untuk sakuku.

Meskipun tempat tinggalku saat ini sangat nyaman, namun itu tidak membuatku lupa akan tempat tinggal pertamaku, yakni di Bandung. Di sela-sela waktu kerjaku, aku sering sekali merindukan suasana rumahku yang ada di Bandung dan juga kedua orang tuaku. Aku juga sering teringat nasihat-nasihat dan bimbingan orang tuaku saat aku masih kecil hingga sebelum aku pergi ke Jakarta. Untuk mengikis kerinduanku itu, aku biasanya menelepon kedua orang tuaku di waktu senggang. Atau, jika sedang libur panjang seperti libur Idul Fitri atau tahun baru, aku biasanya menyempatkan diri pulang ke Bandung.

Demikianlah contoh autobiografi singkat tentang diri sendiri. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh dari jenis-jenis karangan lain selain autobiografi, pembaca bisa membuka artikel contoh karanagn eksposisi tentang makanan, contoh karangan persuasi tentang pendidikan, contoh karangan narasi tentang pendidikan, ataupun contoh karangan bebas. Adapun pembahasan di artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian, baik itu mengenai autobiografi dan karangan pada khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 06th, January 2018 / 05:12 Oleh :
Kategori : Karangan