Contoh Teks Laporan Observasi tentang Hewan dalam Bahasa Indonesia

Jika pada kesempatan yang lalu kita telah mengulas tentang contoh teks laporan singkat dalam bahasa Indonesia dan contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, maka pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat tentang contoh teks laporan observasi tentang hewan.

Komodo*

Komodo adalah salah satu hewan purba yang hidup di semak-semak belukar dan di daerah hutan di sejumlah pulau di Indonesia. Komodo dikenal sebagai hewan melata terberat di dunia. Komodo mempunyai berat 100 kg atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur mempunyai panjang lebih dari 3 meter dan berat 166 kg, tetapi ukuran komodo rata-rata yang hidup secara liar adalah sekitar 2,5 meter dengan berat 91 kg.

Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot. Komodo menggunakan indra penciuman yang tajam untuk mendeteksi keberadaan bangkai hewan yang terletak beberapa kilometer di kejauhan. Komodo memburu hewan melata lainnya, seperti hewan mamalia yang besar, bahkan kadang-kadang bertindak sebagai hewan kanibal.

Hampir semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi. Ketika komodo sedang makan, gusinya berdarah dan menjadi media ideal bagi berkembangnya bakteri yang berbahaya. Bakteri yang hidup dalam air liur komodo menyebabkan darah korban yang digigit keracunan. Komodo akan menggigit hewan mangsanya lalu membuntutinya sampai hewan itu lemas tidak berdaya untuk dibawa pergi.

Spesies hewan melata ini terancam punah. Kenyataan itu, antara lain, disebabkan oleh kegiatan perburuan yang tidak bertanggung jawab, terbatasnya hewan yang menjadi mangsanya, dan habitatnya yang rusak.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks laporan observasi tentang hewan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah contoh laporan perjalanan singkat, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba, contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, contoh teks eksposisi analisis tentang kesehatan, contoh latar belakang laporan magangcontoh kata pengantar skripsicontoh kata pengantar laporan praktikumcontoh penulisan catatan kaki dan daftar pustaka, contoh teks prosedur sederhana membuat minuman, contoh teks prosedur protokol, dan contoh teks anekdot. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Dikutip dari buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Untuk SMA/MAK Kelas X – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, October 2018 / 03:16 Oleh :
Kategori : Teks Laporan