Contoh Teks Laporan Observasi tentang Tumbuhan dalam Bahasa Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, kita telah mengulas secara singkat tentang salah satu contoh teks laporan dalam bahasa Indonesia yaitu contoh teks laporan hasil observasi tentang alam. Kali ini, kita akan mengulas secara singkat tentang contoh teks laporan observasi tentang tumbuhan.

Bunga Bangkai*

Salah satu jenis bunga bangkai yang paling dikenal adalah suweg raksasa atau Titan Arum (Amorphophallus titanum). Pada umumnya, bunga bangkai merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropik, mulai dari kawasan Afrika barat hingga ke Kepulauan Pasifik, termasuk Indonesia. Di Indonesia, bunga Titan arum dapat ditemukan pada hutan tropis di Sumatra, khususnya pada ketinggian antara 120 sampai 365 meter di atas permukaan laut.

Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan bunga Raflesia Rafflesia arnoldi namun bunga bangkai bukanlah bunga terbesar. Hal ini dikarenakan bunga bangkai sebenarnya terdiri dari ribuan bunga kecil yang tumbuh pada batang yang sama. Bunga bangkai juga bukan merupakan bunga tunggal, tetapi masuk dalam jenis bunga manjemuk (inflorescene). Bagian yang menjulang (tongkol atau spadix) pada bunga tersebut sebenarnya terdiri dari koloni bunga kecil. Walaupun sama-sama berbau busuk, bunga bangkai berbeda dengan bunga Raflesia, baik dari klasifikasi biologis, warna, cara hidup, dan siklus hidupnya.

Bunga bangkai mengalami dua fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian dan terus menerus, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Selama fase vegetatif, di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang secara keseluruhan dan sekilas mirip dengan pohon pepaya. Ketinggian bunga bangkai dapat mencapai sekitar 2 meter dengan rentang mahkotanya mencapai 1-5 meter. Meskipun demikian, Kebun Raya Cibodas Indonesia pernah mengumumkan bahwa bunga bangkai yang mekar di sana mencapai ketinggian 3,17 meter pada tanggal 11 Maret 2004.

Proses pertumbuhan dari biji sampai menjadi bunga memakan waktu tiga tahun. Apabila selama masa mekar bunga bangkai terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Biji-biji ini bisa ditanam menjadi pohon pada fase vegetatif. Biji-biji inilah yang sekarang dibudidayakan.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks laporan tentang tumbuhan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah contoh laporan perjalanan singkat,  jenis-jenis karangan ilmiahcontoh latar belakang laporan magangcontoh kata pengantar skripsicontoh kata pengantar laporan praktikumcontoh catatan kaki dan daftar pustakatata cara penulisan gelar, tata cara penulisan catatan kaki, contoh cara menanggapi isi laporan, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba, contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, dan contoh teks eksposisi analisis beserta strukturnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Dikutip dari laman wwf.or.id

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, October 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Teks Laporan