Contoh Karangan Semi Ilmiah Opini dalam Bahasa Indonesia

Pada kesempatan yang lalu, kita telah mengulas tentang beberapa contoh karangan semi ilmiah seperti contoh karangan semi ilmiah singkat, contoh karangan semi ilmiah tentang kesehatan, dan  contoh karangan semi ilmiah tentang pendidikan. Berikut disajikan contoh karangan semi ilmiah opini dalam bahasa Indonesia.

Mengakhiri Polusi Plastik*

Oleh : Lian Lubis

Kepala Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Hari Bumi, 22 April 2018, telah berlalu. Tema yang diusung pada peringatan tahun ini adalah “End Plastik Polution”; akhiri polusi plastik. Salah satu video memperingati Hari Bumi 2018 yang ditayangkan YouTube menyodorkan data yang cukup mengerikan tentang sampah plastik dunia. Lebih dari 8 juta ton plastik dibuang ke laut setiap tahun; lautan bagaikan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah atau limbah. Pada tahun 2050 bahkan diperkirakan akan lebih banyak limbah plastik yang berada di lautan dibandingkan ikan dan setengah dari sampah plastik yang berada di dalam tubuh-tubuh penyu dan burung-burung laut. Sebagai catatan, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di lautan (Jambeck et all 2015 dalam Widarini, 2016).

Bagi yang peduli pada kelestarian ekosistem bumi tentu akan berpikir, bagaimana mengakhiri polusi plastik tersebut? Manusia sudah terbiasa dan sangat tergantung pada plastik dan sangat tergantung pada plastik dengan berbagai bentuk dan fungsinya. Meskipun berbagai penelitian dan produk inovasi telah diciptakan untuk menggantikan plastik dan mengurai limbah plastik, namun hingga saat ini plastik masih belum bisa tergantikan dan sampahnya relatif tidak bisa dikurangi. Dan, apablia perkiraan pada Tahun 2050 sampah plastik di lautan lebih banyak daripada ikan-ikan, maka kita dihadapkan pada suatu kenyataan bahwa polusi plastik tidak bisa dihentikan. Dengan kata lain, plastik akan tetap diproduksi walaupun berdampak buruk pada ekosisem laut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan polusi plastik adalah dengan mengurangi menggunakan kemasan (terutama yang berupa botol dan gelas) dan kantong plastik. Karena dengan mengurangi penggunaan kemasan dan kantong plastik, kita telah mendorong para produsen dan penjual benda plastik untuk benar-benar mempertimbangkan dampak lingkungan dari apa yang mereka produksi. Selain itu, penggunaan produk inovasi plastik yang ramah lingkungan dan penanganan langusng dari limbah produk plastik yang terlanjur diproduksi tapi tidak ramah lingkungan, harus benar-benar dilakukan.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh karangan semi ilmiah opini. Arikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan jenis-jenis karangan dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah jenis-jenis karangan semi ilmiahcontoh artikel singkatcontoh tajuk rencana singkatcontoh feature singkatcontoh opini di koran, dan karangan ilmiah, semi ilmiah dan nonilmiah. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

*Disadur dan disarikan dari pikiran-rakyat.com, 26 April 2018 dengan perubahan seperlunya.

, , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, November 2018 / 03:21 Oleh :
Kategori : Karangan