Contoh Karangan Semi Ilmiah tentang Pendidikan dalam Bahasa Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, kita telah mengupas tentang contoh karangan semi ilmiah singkat dan contoh karangan semi ilmiah tentang kesehatan. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas secara singkat tentang conoth karangan semi ilmiah tentang pendidikan.

Fungsi Keluarga sebagai Sosialisasi Pendidikan*

Salah satu fungsi keluarga adalah fungsi pendidikan dimana hal ini terkait dengan pendidikan anak secara khusus dan pembinaan anggota keluarga pada umumnya. Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa “keluarga adalah pusat pendidikan yang utama dan pertama bagi anak”. Dengan adanya fungsi pendidikan ini otomatis keluarga menjadi sentra dan lingkungan pendidikan bagi setiap anggota keluarga. Pendidikan dalam keluarga dapat dimulai dengan memberikan keteladanan dari perilaku orangtua sehari-hari. Hal ini akan menjadi wahana pendidikan moral dan akhlak bagi anak, karena anak akan mengikuti apa yang orang tuanya lakukan. Bukan yang orangtuanya katakana. Ia melihat perbuatan kita, bukan mendengar apa yang kita nasihatkan.

Pendidikan dalam keluarga tidak hanya tidak hanya tentang bagaimana meningkatkan fungsi kognitif atau mencerdaskan anak saja, tetapi juga membentuk karakter. Anak perlu diajari untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar, mana yang hak dan mana yang bathil, serta bagaimana agar tetap hidup benar di lingkungan yang salah. Apalagi jangka waktu yang diperlukan untuk membentuk karakter itu sangat terbatas. Kita hanya bisa melakukannya saat anak balita hingga mencapai usia remaja. Lewat dari itu maka akan sulit untuk mengubah perilakunya. Sehingga lebih sulit untuk mengajarkan dan melatih kejujuran dibandingkan dengan mengajarkan ilmu pengetahuan.

Demikianlah ulasan singkat tentang karangan semi ilmiah tentang pendidikan. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan karangan dalam bahasa Indonesia di antaranya adalah jenis-jenis karangan, jenis-jenis karangan ilmiahjenis-jenis karangan semi ilmiahcontoh artikel singkatcontoh tajuk rencana singkatcontoh feature singkatcontoh opini di koran, dan karangan ilmiah, semi ilmiah dan nonilmiah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Dikutip dari Buku Pegangan Kader BKR tentang Delapan Fungsi Keluarga, BKKBN Jakarta, 2013.

, , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, October 2018 / 03:25 Oleh :
Kategori : Karangan