Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan Karakter

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato juga diartikan sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Dalam berpidato, seseorang harus mempunyai kemampuan dan keberanian di depan umum untuk mengungkapkan beberapa contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia saat hendak berpidato. Selain itu, kemampuan menyusun jenis-jenis kata, serta pengusaan fungsi kata baku juga harus dimiliki oleh seseorang yang hendak berpidato. Pidato sendiri mempunyai tiga unsur, yaitu pembuka, inti, dan penutup. Hal ini hampir sama dengan jenis-jenis paragraf yang juga mempunyai tiga unsur, yaitu contoh paragraf pembuka, paragraf pengembang, dan contoh paragraf penutup.

Agar pembaca lebih mengerti soal pidato, contoh teks pidato pun akan kami tampilkan di artikel kali ini. Adapun tema yang terkandung di dalam contoh pidato ini adalah pendidikan karakter. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak di bawah ini.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di pagi hari yang cerah ini, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Adapun pidato yang akan saya sampaikan hari ini mempunyai tema pentingnya pendidikan karakter.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pendidikan karakter adalah bentuk kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian para peserta didik agar menjadi lebih baik. Dengan pendidikan karakter, anak-anak kita akan dituntun untuk mengembangkan kepribadiannya supaya anak-anak kita menjadi lebih baik. Khusus di negara kita, pendidikan karakter akan menuntun anak-anak kita untuk mempunyai lima karakter dasar yang mesti dipunyai seorang siswa atau peserta didik, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dengan mempunyai karakter-karakter tersebut, diharapkan anak-anak kita bertumbuh menjadi generasi emas yang tangguh, cerdas, dan berkarakter.

Dengan demikian, pendidikan karakter begitu penting dan mesti diterapkan di sekolah-sekolah saat ini khususnya di sekolah kita, agar nantinya anak-anak kita bisa menjadi generasi yang lebih baik dari kita. Adapun metode atau cara agar kita dapat mengaplikasikan pendidikan karakter di sekolah kita adalah dengan menjadikan diri kita sebagai teladan baik bagi anak-anak kita. Selain itu, pengajaran tentang keagamaan dan kewarganegaraan mesti kita ajarkan dengan metode dua arah, yakni dengan melibatkan anak-anak kita dalam setiap pembelajaran materi pembelajaran tersebut, entah itu dengan bertanya atau menyatakan pengalaman empirik mereka yang berhubungan dengan keagaamaan dan kewarganegaraan.

Sekali lagi saya katakan, bahwa pendidikan karakter mesti diaplikasikan ke tiap-tiap sekolah, termasuk sekolah kita. Sebab, dengan pendidikan karakter, anak-anak kita akan bertumbuh menjadi generasi yang cerdas, religius, dan mempunyai karakter yang kuat.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon dimaafkan bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penyampaian pidato saya ini. Semoga rahmat dan ridho-Nya senantiasa selalu ada bersama kita. Amin.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh teks pidato tentang pendidikan karakter. Jika pembaca ingin melihat contoh teks pidato lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh pidato dan contoh pidato tentang pendidikan. Mudah-mudahan contoh pidato yang disajikan bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca, baik itu di ranah pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, December 2017 / 22:02 Oleh :
Kategori : Pidato