Contoh Pidato Singkat tentang Pendidikan Moral

Sebelumnya, kita telah mengetahui contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, di mana contoh pidato dalam artikel tersebut berisi betapa pentingnya pendidikan karakter. Artikel kali ini juga akan menyajikan contoh pidato tentang pendidikan, khususnya pendidikan moral. Seperti hanya pidato lainnya, contoh pidato kali ini juga menggunakan beberapa contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, fungsi kata baku, contoh kalimat dan paragraf persuasi, contoh paragraf pembuka, dan contoh paragraf penutup.

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh pidato singkat tentang pendidikan moral.

Pentingnya Pendidikan Moral

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr, wb

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati,

Pada hari ini marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan ridho yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan ini mempunyai tema pentingnya pendidikan moral.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,

Akhir-akhir ini kita seringkali melihat perilaku buruk yang dilakukan seluruh elemen masyarakat kita, entah itu dari kalangan menengah, kalangan menengah ke atas, sampai ke para pejabat kita. Adapun perilaku buruk yang mereka lakukan antara lain pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, penipuan, penyalahgunaan narkotika, dan tindak pidana korupsi. Semua perilaku buruk itu telah mengakibatkan kerugian yang banyak untuk negara ini, baik kerugian secara moral maupun secara material.

Perilaku-perilaku buruk tersebut disebabkan karena lemahnya moral yang ada di masyarakat kita. Hingga tak heran, jika perilaku-perlikau buruuk tersebut masih banyak dilakukan dan sulit dilakukan. Salah satu cara atau upaya supaya kita dapat meminimalisir hal tersebut adalah dengan diselenggarakannya pendidikan moral. Pendidikan moral sendiri merupakan pendidikan yang berbasis kepada pengembangan moral dari para peserta didik, sehingga peserta didik mempunyai moral yang baik disamping mempunyai otak yang cerdas.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian,

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk mengaplikasikan pendidikan moral kepada anak-anak kita adalah dengan menjadikan kita sebagai teladan yang bermoral baik dihadapan anak-anak kita. Selain itu, pengajaran nilai-nilai moral juga mesti ditanamkan kepada anak-anak kita sejak dini. Proses pengajarannya mesti dilakukan semenarik mungkin dan libatkan sang anak dalam proses pembelajaran, supaya pembelajaran nilai-nilai moral tidak berjalan satu arah, dan anak-anak merasa terlibat, serta jauh lebih paham terkait nilai-nilai moral yang mesti dianut.

Mungkin proses pendidikan moral yang dijalankan tidaklah singkat dan mudah. Namun, hasil yang didapat sangat setimpal dari lama dan sulitnya proses pendidikan moral tersebut. Untuk itu, marilah kita terapkan pendidikan moral kepada anak-anak kita sejak saat ini, baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun di berbagai instansi pendidikan. Dengan begitu, anak-anak kita nantinya akan menjadi generasi yang cerdasdan bermoral baik, sehingga perilaku-perilaku buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak dilakukan oleh generasi yang akan datang.

Mungkin hanya itu saja yang mampu saya sampaikan pada pidato singkat kali ini. Dengan segenap kerendahan hati, saya memohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan di dalam pidato yang saya sampaikan ini. Semoga rahmat dan ridho-Nya senantiasa ada bersama kita. Amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang pendidikan moral. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu di ranah pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, December 2017 / 22:37 Oleh :
Kategori : Pidato