Contoh Pidato Singkat tentang Kesehatan

Kesehatan merupakan tema yang sering dijadikan untuk artikel. Contoh paragraf argumentasi tentang kesehatan, contoh paragraf analogi tentang kesehatan, contoh karangan eksposisi tentang kesehatan, contoh paragraf ekspositoris tentang kesehatan, contoh paragraf narasi tentang kesehatan, serta contoh paragraf klasifikasi tentang kesehatan adalah beberapa contoh artikel yang menggunakan kesehatan sebagai temanya. Artikel kali ini pun juga akan mengangkat tema kesehatan, di mana tema tersebut akan disajikan dalam format pidato. Definisi atau pengertian dari pidato itu sendiri adalah suatu wacana atau ungkapan yang disampaikan ke khalayak banyak yang biasanya disampaikan dalam acara-acara formal, seperti upacara pengibaran bendera atau acara formal lain yang sejenis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ditampilkan contoh pidato singkat tentang kesehatan.

Mari, Kita Jaga Kesehatan Mental Kita!

Bismillahirahmanirahim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Marilah kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di tempat ini. Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan mental kita.

Para hadirin yang saya hormati,

Kesehatan dalam diri kita ternyata bukan hanya kesehatan fisik saja. Namun, kesehatan mental pun menjadi aspek penting yang harus kita miliki. Maka tak heran, bila mata pelajaran olahraga di sekolah sering dinamakan pendidikan kesehatan jasmani dan rohani, bukan pendidikan kesehatan jasmani saja. Belum lagi kita mendengar bahwa akhir-akhir ini banyak orang–terutama tokoh-tokoh ternama–melakukan tindakan bunuh diri akibat tekanan mental yang mereka alami.

Untuk itu, wahai hadirin sekalian, kita mesti bisa menjaga kesehatan mental kita. Dengan menjaga kesehatan mental kita, maka kita tidak akan mudah mengalami tekanan batin yang mengakibatkan diri kita melakukan tindakan berbahaya, termasuk bunuh diri. Adapun cara yang bisa kita lakukan antara lain dengan senantiasa beribadah dan berdoa kepada-Nya, menceritakan keluh kesah kita kepada orang-orang terdekat kita, menghargai dan menerima diri apa adanya, aktif berkegiatan sosial, menjaga hubungan baik dengan keluarga, sanak saudara, dan teman, meminta bantuan jika mengalami kesulitan baik materil maupun moril, serta beristirahat sejenak di tengah aktivitas yang kita jalani. Dengan menjalani cara-cara tersebut, niscaya kesehatan mental kita akan terjaga, dan membuat kita menjadi manusia yang sehat secara komplit, baik fisik maupun mental.

Para hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya sampai di sini saja pidato ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan mampu dipahami oleh para hadirin sekalian. Mohon maaf jika ada kata atau isi pidato yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Kesempurnaan hanya milik-Nya, dan kesalahan serta dosa tak akan luput dari diri kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang kesehatan. Pembaca bisa mengembangkan dan megkreasikan sendiri pidato bertema kesehatan dengan menggunakan contoh paragraf pembuka, contoh paragraf penutup, contoh kalimat pernyataaan dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat dan paragraf persuasi, serta fungsi kata baku. Jika pembaca ingin mengetahui contoh pidato lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, dan contoh pidato singkat tentang pendidikan moral. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik mengenai pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, December 2017 / 23:21 Oleh :
Kategori : Pidato