Contoh Pidato Singkat tentang Kenakalan Remaja

Sebelumnya, kita telah mengetahui berbagai macam contoh pidato, seperti contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, contoh pidato singkat tentang pendidikan moral, serta contoh pidato singkat tentang kesehatan. Artikel kali ini juga akan menampilkan contoh pidato singkat dengan kenakalan remaja sebagai temanya. Seperti halnya pidato lainnya, contoh pidato singkat kali ini juga mengandung fungsi kata baku, contoh paragraf pembuka, contoh paragraf penutup, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, dan contoh kalimat dan paragraf persuasi.

Adapun contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja adalah sebagai berikut.

Mari, Kita Cegah Kenakalan Remaja!

Bismillahirrohmaanirrohim

Assalamualaikum wr, wb

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian

Pada hari ini, marilah kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat mulia ini. Adapun pidato yang saya sampaikan hari ini adalah tentang kenakalan remaja.

Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian

Perlu kita ketahui, bahwa kenakalan-kenakalan yang dilakukan remaja dewasa ini kian memprihatinkan. Merokok, berkelahi, tawuran, hingga penyalahgunaan narkotika dan perilaku merisak (bullying) adalah bentuk-bentuk dari kenakalan remaja yang marak dilakukan remaja kita saat ini. Dampak buruk secara moral tentu saja sangat terasa, entah bagi kita maupun para remaja kita.

Kenakalan-kenakalan itu disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang ada di dalam diri sang remaja, maupun yang ada di luar diri si remaja. Lemahnya kontrol diri di dalam diri remaja adalah faktor internal penyebab remaja melakukan kenakalan. Sementara itu, perceraian orangtua, teman dan lingkungan yang buruk menjadi faktor di luar diri remaja yang mengakibatkan terjadinya kenakalan remaja.

Untuk menghindari kenakalan remaja supaya tidak akut, kita mesti bisa meminimalisir penyebab dari kenakalan remaja. Adapun cara yang bisa kita lakukan antara lain dengan memberi teladan yang baik kepada remaja, serta memberikan motivasi untuk berbuat baik agar kontrol diri mereka lebih kuat, sehingga remaja-remaja pun tahan akan godaan untuk melakukan kenakalan remaja. Selain itu, kita selalu orang tua juga mesti menjaga hubungan rumah tangga kita agar tidak mengalami perceraian yang mengakibatkan para remaja ehilangan tempat berlindung dan melakukan kenakalan remaja.

Para remaja di sekitar kita pun mesti kita didik supaya mampu memilih teman dan lingkungan yang baik, serta berani untk menghindar dari teman dan lingkungan yang buruk. Dengan melakukan semua upaya tersebut, niscaya remaja kita dapat terhindar dari perilaku kenakalan remaja dan mereka akan menjadi remaja yang cerdas dan berakhlak mulia.

Maka dari itu, mari kita cegah kenakalan remaja dengan mendidik remaja kita sebaik mungkin, baik itu di rumah, sekolah, maupun dilingkungan masyarakat, agar nantinya mereka menjadi remaja yang cerdas dan berakhlak baik.

Mungkin itu saja yang bisa saya samppaikan pada pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian. Saya selaku pembicara mohon maaf bila ada kesalahan pengucapan atau ada kata-kata yang menyinggung Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian. Terima kasih atas perhatiannya. Semoga kesejahteraan selalu ada bersama kita semua. Amin.

Wassalamualaikum wr, wb

Demikianlah contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja. Semoga bermanfaat, dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik itu di bidang pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, December 2017 / 01:19 Oleh :
Kategori : Pidato