Contoh Teks Eksplanasi Singkat dalam Bahasa Indonesia

Teks eksplanasi dalam bahasa Indonesia adalah teks mengenai suatu prosedur atau proses terjadinya suatu fenomena, sehingga pembaca dapat mengetahui alasan mengapa sesuatu itu terjadinya. Dalam teks eksplanasi, banyak fakta sebab akibat yang digunakan untuk mendukung pernyataannya.

Berikut adalah contoh teks eksplanasi singkat :

Efek Rumah Kaca*

Salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim global adalah meningkatnya suhu udara di bumi atau yang lebih dikenal dengan istilah Efek Rumah Kaca. Meningkatnya suhu udara di bumi dapat menyebabkan kekeringan maupun hujan lebat dalam jangka waktu yang cukup lama di beberapa wilayah. Kekeringan maupun hujan lebat yang cukup lama dapat menimbulkan bencana lain seperti kelaparan, menurunnya produksi pertanian akibat kekurangan air atau kebanjiran, menimbulkan korban jiwa, dan lain-lain. Sebenarnya, apakah efek rumah kaca itu?

Efek rumah kaca adalah gejala alam yang terjadi karena semakin meningkatnya suhu udara di muka bumi sebagai dampak dari semakin banyaknya gas pencemar di dalam udara. Gas-gas pencemar udara ini sebagian besar dihasilkan oleh industri-industri, pabrik-pabrik, kendaraan bermotor, dan semua sarana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang menggunakan bahan bakar fosil seperti bensin, solar, minyak tanah, dan batu bara. Bahan bakar fosil ini menghasilkan gas buang berupa CO2, CO, NO2, SO2, HCN, HCL, H2S, HF, dan NH4 yang apabila jumlahnya semakin meningkat dan terakumulasi dapat menimbulkan efek rumah kaca.

Proses terjadinya efek rumah kaca sendiri diawali dengan semakin meningkatnya jumlah gas-gas pencemar di udara. Peningkatan jumlah gas pencemar udara ini dengan sendirinya akan terakumulasi dan membentuk seperti perisai yang dapat menghambat radiasi sinar matahari sampai ke permukaan bumi. Sinar matahari yang tidak mampu mencapai permukaan bumi kemudian akan dipantulkan kembali ke angkasa. Namun, sinar matahari yang dipantulkan kembali ini terhalang oleh gas lain sehingga sinar matahari ini kembali dipantulkan oleh gas lain tersebut. Hal inilah yang membuat suhu udara di permukaan bumi semakin panas.

Semakin panasnya suhu udara di permukaan bumi mengakibatkan mencairnya es di kedua kutub bumi. Dampak lanjutannya adalah permukaan air semakin meningkat, terendamnya areal pertanian di tepi pantai akibat naiknya air laut, dan menurunnya produksi hasil pertanian karena terendamnya areal pertanian di tepi pantai.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks eksplanasi singkat dalam bahasa Indonesia. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks dan contohnya di antaranya adalah contoh teks eksemplum tentang pendidikan, contoh teks eksemplum tentang liburan, contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks diskusi tentang narkoba, contoh teks prosedur singkat dalam bahasa Indonesia, teks prosedur dalam bahasa Indonesia, contoh teks eksposisi analisis tentang kesehatan, dan contoh teks anekdot. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

*Dikutip dari Geografi 1 : Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X – Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009  dengan perubahan seperlunya.

, , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 03:31 Oleh :
Kategori : Teks Eksplanasi