Contoh Teks Ulasan Singkat dalam Bahasa Indonesia

Teks ulasan adalah tinjauan atau ringkasan dari buku atau yang lainnya untuk koran atau penerbitan.  Struktur teks ulasan terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

  • Orientasi berisi gambaran umum karya sastra yang akan diulas, misalnya nama, kegunaan, dan sebagainya.
  • Tafsiran berisi pandangan penulis mengenai karya yang diulas. Pada bagian ini, biasanya penulis membandingkan karya tersebut dengan karya yang mirip. Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas.
  • Evaluasi berisi tentang hasil evaluasi yang telah dilakukan terhadap karya, penampilan, produksi, dan gambaran detil suatu karya sastra yang diulas.
  • Rangkuman merupakan ulasan akhir penulis yang umumnya berisi simpulan dari karya yang diulas.

Berikut adalah contoh teks ulasan singkat :

Sang Pemimpi*

Judul : Sang Pemimpi

Penulis : Andrea Hirata

Jenis Buku : Fiksi

Penerbit : Bentang

Cetakan I : Juli 2006

Tebal : X + 292 halaman

 

Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini mengisahkan perjalanan hidup sang penulis yang dililit kemiskinan di Pulau Belitung. Ia menggambarkan dirinya sebagai Ikal dan bersama dengan dua orang temannya, yaitu Arai dan Jimbron, Ikal memiliki mimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Perancis dan menjelajah Eropa hingga ke Afrika.

Pada bab pertama novel ini, Andrea menceritakan bahwa dirinya – yang digambarkan sebagai Ikal –  dan kedua temannya adalah tiga remaja yang nakal. Kenakalan mereka dibenci oleh Pak Mustar yakni seorang Wakil Kepala SMA Bukan Main tempat mereka bersekolah. Namun, sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia justru kerap memberikan motivasi dan mimpi kepada ketiga remaja tersebut untuk terus melanjutkan sekolah hingga ke luar negeri.  Pada bab-bab berikutnya, pembaca disuguhkan dengan potongan-potongan kisah yang berdiri sendiri namun tetap memiliki hubungan yang sangat erat.

Novel yang disajikan dengan bahasa cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa turut merasakan kebahagiaan, semangat, keputusasaan, dan kesedihan. Di samping itu, buku ini juga memiliki lelucon-lelucon yang tidak biasa, cerdas, dan pasti akan membuat pembaca tertawa. Dengan membaca buku ini, Anda akan mengetahui bahwa Andrea Hirata memiliki pribadi yang cerdas dalam mengolah kata-kata dan memiliki wawasan yang sangat luas.

Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi, di buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan buku Laskar Pelangi. Namun, hal ini tidak mengurangi inti pesan dari buku ini yang mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh teks ulasan singkat dalam bahasa Indonesia. Artikel lain yang dapat dibaca dan berkaitan dengan teks ulasan di antaranya adalah contoh resensi non fiksi, contoh resensi buku pelajaran, contoh resensi buku cerpen, contoh resensi buku novel, cara menulis resensi buku, cara menulis resensi film, contoh teks diskusi tentang kesehatan, contoh teks laporan hasil observasi tentang alam, contoh teks eksplanasi, dan contoh autobiografi singkat tentang diri sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

*Dikutip dari Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Untuk SMP/MTs Kelas VIII – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 03rd, October 2018 / 03:35 Oleh :
Kategori : Teks diskusi