Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia

Novel fiksi merupakan karya sastra yang berisikan cerita rekaan yang didasari dengan angan-angan  atau fantasi dan bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasar sebuah imajinasi si pengarang. Imajinasi si pengarang akan diolah berdasarkan pengalaman, wawasan, pandangan, tafsiran, penilaian, terhadap semua peristiwa baik peristiwa nyata apaun hasil rekaannya semata.

Ciri-ciri cerita fiksi :

  1. Bersifat rekaan atau hanya imajinasi si pengarang
  2. Mempunyai kebenaran yang relatif atau tidak mutlak
  3. Mempunyai bahasa yang bersifat konotatif atau bersifat sindiran (bukan sebenarnya)
  4. Tidak memiliki sistematika yang baku
  5. Sasarannya emosi dan juga perasaan si pembaca
  6. Mempunyai pesan moral atau sebuah amanat tertentu

Contoh novel fiksi :

Judul : Sebuah perjuangan mempertahankan peringkat

Namaku andi aku merupakan seorang siswa dan juga sekaligus santri laki – laki yang berusia 16 tahun. Pada waktu itu saya masih duduk di bangku kelas XI. Dan pada hari ini adalah waktu untuk pengambilan raport akhir.

Aku mengambil raport ku sendiri di karenakan orang tua ku yang sibuk mencari nafkah, karena aku di pesantren dan juga aku pulang setelah selesai mengambil raport akhirku. Setelah mengambil raport aku membukanya dengan perlahan sambil berharap mendapat nilai yang memuaskan.

Setelah aku buka ternyata aku mendapatkan nilai dengan rata – rata 7,3 akan tetapi nilai itu belum cukup untuk ku. Setelah itu pun aku berjanji setelah liburan dan saat liburan aku akan lebih giat untuk belajar dan memahami semua materi.

Tidak terasa waktu liburan pun sudah habis, dan tiba waktunya untuk kembali meningkatkan prestasi belajar ku. Waktu pun cepat berlalu dan sudah berakhir nya semester genap ini. Dan tepat dengan kenaikan kelas. Setelah selesai ujian semester akhirnya kini aku akan mengetahui hasil akhir yang telah aku usahakan selama 6 bulan ini.

Akupun bersemangat mengambil raport , pada saat aku mengambil raport wali kelasku pun memberikan ku sebuah bingkisan, pada waktu itu pun aku bingung kenapa wali kelas ku memberiku bingkisan. Padahal beliau tidak memberikan bingkisian kepada orang lain.Ternyata aku mendapatkan juara 1 di kelas, dan aku pun langsung  merasa senang dan walikelasku memberikan ucapan selamat kepada ku. Aku pun senang usaha belajarku dan berdoa memberikan hasil yang memuaskan.

Semoga contoh novel fiksi dalam bahasa Indonesia di atas bermanfaat bagi pembaca. Artikel lainnya, yaitu jenis-jenis tokoh berdasarkan peranannyajenis-jenis latar dalam cerita, contoh alur mundurcontoh cerita sudut pandang orang ketiga serba tahucontoh cerita sudut pandang orang ketiga sebagai pengamatcontoh cerita sudut pandang orang pertama sebagai pelaku sampingancontoh cerita sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utamajenis-jenis sudut pandang dalam cerita, contoh cerita alur maju, contoh cerita pengalaman pribadi, contoh cerita rakyat bali, contoh cerita rakyat bengkulu, contoh cerita rakyat dari betawi, contoh cerita rakyat asli banyumas, contoh cerita rakyat dari sumatera utara, contoh cerita rakyat dari jawa barat, dan contoh cerita rakyat indonesia. Terima kasih.

, , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 07th, August 2018 / 03:39 Oleh :
Kategori : Cerita