Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba

Narkoba merupakan tema yang sering dijadikan bahan tulisan artikel. Contoh karangan eksposisi tentang narkoba, contoh paragraf persuasi tentang narkoba, contoh paragraf argumentasi tentang narkoba, contoh paragraf sebab akibat tentang narkoba, contoh paragraf deduktif tentang narkoba, dan contoh paragraf induktif tentang narkoba adalah beberapa artikel yang menggunakan tema narkoba. Artikel kali ini pun juga akan menggunakan tema narkoba, di mana tema tersebut akan ditulis dalam bentuk pidato. Adapun definisi dari pidato sendiri adalah sebuah teks atau wacana yang diucapkan kepada khalayak umum dan bersifat formal. Karena bersifat formal, maka fungsi kata baku pun terkandung di dalam teks pidato. Selain itu, teks pidato juga mengandung contoh paragraf pembuka, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat dan paragraf persuasi, dan contoh paragraf penutup.

Adapun contoh pidato singkat tentang narkoba adalah sebagai berikut.

Contoh Pidato Singkat tentang Narkoba

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb

Hadirin yang terhormat,

Sebelum pidato ini saya mulai, marilah terlebih dahulu kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berjumpa di tempat ini. Adapun pidato yang akan saya sampaikan ini mempunyai tema tentang ancaman penyalahgunaan narkoba yang semakin hari semakin parah.

Seperti yang kita ketahui, bahwa peredaran narkoba kian tak terbendung. Hal ini mengakibatkan jumlah orang yang menyalahgunakan kian meningkat di tiap harinya. Tak hanya kalangan elit saja, anak-anak bahkan orang tua pun ada yang menjadi pecandu narkoba. Hal ini diperparah dengan makin kreatifnya para pengedar dalam menyelundupkan “barang dagangan”-nya tersebut. Salah satu contohnya adalah dengan memalsukan narkoba ke dalam jajanan anak-anak. Jika narkoba tersebut sampai dikonsumsi anak-anak, maka anak-anak akan mengalami kecanduan dan berpotensi menjadi pecandu.

Tak hanya sampai di situ, beberapa jenis narkoba baru pun sudah mulai masuk ke negara kita ini. Sayangnya, jenis-jenis narkoba yang baru itu belum tercantum di dalam undang-undang, sehingga jika ada seorang pengedar atau pecandu yang memakai jenis narkoba itu, maka mereka dapat bebas dari proses hukum.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, dapat kita simpulkan bahwa Indonesia kini tengah darurat narkoba. Oleh karena itu, kita mesti meningkatkan kewaspadaan agar kita dan orang-orang sekitar kita tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Adapun cara yang bisa kita lakukan sebagai upaya memerangi penyalahgunaan adalah dengan mengenali beberapa jenis narkoba dan efeknya, baik itu jenis narkoba yang sudah dikenal masyarakat, maupun jenis narkoba yang baru. Selain itu, kita juga mesti menggali informasi lebih banyak soal modus atau cara yang dilakukan pengedar narkoba dalam memasarkan “dagangan”-nya, serta bagaimana cara untuk menghindarinya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan dalam pidato kali ini. Semoga bermanfaat, dan mohon maaf bila ada salah pengucapan atau ada beberapa pernyataan yang tak sesuai dengan kenyataan. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang narkoba. Jika pembaca ingin membaca contoh pidato lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, contoh pidato singkat tentang pendidikan moral, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja, dan contoh pidato singkat tentang kemerdekaan. Semoga bermanfat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, December 2017 / 02:53 Oleh :
Kategori : Pidato