Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

Pidato merupakan teks atau wacana yang diucapkan di hadapan khalayak umum dan bersifat formal. Dengan demikian, pidato mempunyai fungsi kata baku di dalamnya. Pidato biasanya berisi tema tertentu dan mempunyai tujuan untuk memberi pengaruh kepada khalayak. Dalam penyampaiannya, pidato bisa disampaikan secara spontan, tanpa naskah, maupun dengan naskah.

Contoh dari pidato sendiri sudah pernah disampaikan sebelumnya. Adapun beberapa diantaranya antara lain contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, contoh pidato singkat tentang pendidikan moral, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja, contoh pidato singkat tentang kemerdekaan, dan contoh pidato singkat tentang narkoba. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan contoh pidato, di mana contoh pidato yang akan ditampilkan mempunyai tema kebersihan. Adapun contoh tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Contoh Pidato Singkat tentang Kebersihan

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb

Para guru yang saya hormati, serta para murid yang saya cintai,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita sama-sama mengucapkan syukur ke hadirat Illahi atas rahmat dan karunia yang telah Dia berikan, sehingga kita bisa berkumpul di pagi yang cerah ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang berkenaan dengan kebersihan, khususnya kebersihan yang ada di lingkungan sekolah kita tercinta.

Para hadirin yang saya hormati dan saya banggakan,

Beberapa hari ini saya sangat menyayangkan kondisi kebersihan di sekolah tercinta kita ini. Betapa tidak, hampir di setiap sudut sekolah tampak sampah plastik dan sisa jajanan siswa bertumpukkan. Belum lagi kamar mandi yang kebersihannya makin memprihatinkan saja. Padahal, telah kita ketahui bersama bahwa Tuhan sangat menyukai orang yang bersih dan sangat suka membersihkan sesuatu yang ada padanya. Maka dari itu, kita selaku makhluk Tuhan semestinya mampu menjaga kebersihan, khususnya di sekolah kita tercinta ini.

Untuk itu, dalam pidato ini, saya menghimbau kepada seluruh pihak sekolah, baik itu guru, petugas sekolah, murid, dan termasuk diri saya sendiri untuk dapat saling bahu membahu dalam membersihkan lingkungan sekolah kita. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah bisa kita lakukan dengan membuang sampah bekas makanan kita ke tempat sampah dan membersihkan kamar mandi setelah buang air. Jikalau ada sampah yang berserak di sekitar sekolah, kita mesti memungutnya dan membuangnya ke tempat sampah yang tersedia. Dengan begitu, maka lingkungan sekolah kita pun akan bersih dan kita pun akan semakin nyaman berada di sekolah yang kita cintai ini.

Sekali lagi saya mengimbau kepada hadirin sekalian, mari kita sama-sama menjaga kebersihan sekolah kita agar kebersihan lingkungan sekolah kita terjaga dan kita pun akan semakin nyaman berada di sekolah yang kita cintai ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa sama sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh pidato singkat tentang kebersihan. Pembaca bisa mengembangkan dan membuat sendiri pidato bertema kebersihan dengan menggunakan jenis-jenis kata, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, contoh paragraf pembuka, contoh kalimat dan paragraf persuasi, dan contoh paragraf penutup. Adapun pembahasan kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca, baik di dalam bahasan pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, December 2017 / 03:36 Oleh :
Kategori : Pidato