Contoh Pidato Singkat tentang Kejujuran

Sebelumnya, kita telah mengetahui contoh pidato singkat tentang kedisiplinan. Seperti judul artikelnya, pidato tersebut berisi tema tentang kedisiplinan. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan contoh pidato singkat, di mana tema yang akan dibahas adalah kejujuran. Sebelum contoh pidato tersebut ditampilkan, perlu kita ketahui lagi definisi atau pengertian dari pidato sendiri, agar kita tidak lupa akan hal tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato juga diartikan sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Setelah mengetahui definisi pidato tersebut, sekarang mari kita simak contoh pidato singkat dengan tema kejujuran di bawah ini.

Contoh Pidato Singkat tentang Kejujuran

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalumalaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Puji syukur kepada Tuhan Pemilik Semesta Alam yang telah mempertemukan kita di pagi yang indah ini. Di pagi hari ini, saya memohon izin kepada hadirin sekalian untuk menyampaikan sebuah pidato singkat dengan kejujuran sebagai temanya.

Para hadirin yang saya hormati,

Di zaman yang katanya semakin maju ini, justru nilai-nilai moral masyarakat kita semakin hari semakin tertinggal saja. Salah satu nilai moral yang merosot dan kini menjadi langka adalah kejujuran. Sedikit sekali kita temukan orang yang berucap dan bertindak jujur di zaman yang dianggap ‘kekinian’ ini. Hal itu pun mengakibatkan banyaknya tindak laku kejahatan yang disebabkan oleh pudarnya salah satu nilai moral ini. Adapun kejahatan-ejahatan tersebut antara lain penipuan, pemalsuan, hingga tindak pidana korupsi.

Meskipun mustahil, namun seyogyanya kita harus bisa kembali menumbuhsuburkan nilai kejujuran di masyarakat, dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Adapun nilai-nilai kejujuran yang bisa kita lakukan antara lain dengan berkata jujur, tidak mengambil barang temuan dan memilih menyerahkan barang temuan tersebut ke pihak yang berwajib, tidak menyontek, tidak menggunakan uang iuran untuk berfoya-foya, mengerjakan PR dengan usaha sendiri, dan berbagai macam perbuatan lainnya.

Jika kita mampu menunaikan perbuatan-perbuatan tersebut, maka kita pun akan merasakan berbagai dampak positif dari nilai kejujuran. Dampak-dampak positif dari pengamalan nilai kejujuran sendr=iri antara lain akan mendapatkan pahala dan ridho dari-Nya, mendatangkan ketenangan hati, membat simpati orang lain, dan medatangkan kebahagiaan karena tidak perlu menyembunyikan sesuatu yang justru dapat membebani diri sendiri.

Oleh karena itu, kita mesti dapat mengamalkan nilai-nilai kejujuran semampu kita meskipun hal itu sulit dilakukan, mengingat zaman yang memang semakin tak keruan. Selain untuk memelihara nilai kejujuran, mengamalkan nilai kejujuran juga akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi diri kita sendiri, dan juga orang lain.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan mampu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan segenap kerendahan hati, saya meminta maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Terima kasih atas perhatiannya,

wassalamualaikum wr, wb.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang kejujuran. Jika pembaca ingin membaca beberapa contoh pidato lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, contoh pidato singkat tentang pendidikan moral, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja, contoh pidato singkat tentang kemerdekaan, contoh pidato singkat tentang narkoba, contoh pidato singkat tentang kebersihan, dan contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, December 2017 / 06:42 Oleh :
Kategori : Pidato