Contoh Pidato Singkat tentang Kedisiplinan

Pidato merupakan teks atau wacana yang diutarakan di depan khalayak umum dan bersifat formal. Pidato biasanya berisi bahasan atau topik tertentu yang bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada khalayak. Dalam pembacaannya, pidato bisa dibaca langsung lewat teks, dihapalkan, atau bisa disampaikan secara spontan, dalam artian tanpa ada persiapan membuat naskah pidato sebelumnya.

Contoh-contoh teks pidato sudah pernah ditampilkan di artikel-artikel sebelumnya. Adapun artikel-artikel tersebut antara lain contoh pidato tentang pendidikan, contoh pidato singkat tentang pergaulan bebas, contoh pidato singkat tentang kenakalan remaja, contoh pidato singkat tentang narkoba, contoh pidato singkat tentang kebersihan, contoh pidato singkat tentang kesehatan, contoh pidato singkat tentang kemerdekaan, contoh pidato singkat tentang pendidikan karakter, dan contoh pidato singkat tentang pendidikan moral. Artikel kali ini pun juga akan menampilkan contoh pidato singkat yang berisi tema tertentu, di mana tema tersebut adalah kedisiplinan. Adapun contoh pidato tersebut adalah sebagai berkut.

Contoh Pidato Singkat tentang Kedisiplinan

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Murid-muridku yang Bapak cintai

Pada kesempatan kali ini, marilah kita memanjatkan syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia yang Dia berikan, sehingga kita bisa berkumpul di pagi hari yang cerah ini. Di pagi hari ini, Bapak akan menyampaikan pidato tentang pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di sekolah.

Murid-muridku yang Bapak cintai,

Dalam melakukan apapun, hendaknya kita selalu bersikap disiplin. Hal tersebut perlu dilakukan karena sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dan orang lain. Dengan memiliki sikap disiplin, segala aktivitas yang kita lakukan akan berjalan dengan tertib dan lebih teratur. Selain itu, sikap disiplin atau kedisiplinan dapat membuat kita menjadi pribadi yang kokoh dan taat pada aturan. Kedisiplinan juga membuat kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, dan membuat siswa yang disiplin akan menjadi panutan bagi siswa-siswa lainnya.

Kedisiplinan mesti kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Adapun bentuk kedisiplinan yang bisa dilakukan di sekolah antara lain datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) yang ditugaskan guru tepat waktu dan dikerjakan di rumah masing-masing, menaati peraturan sekolah, mengikuti pelaksanaan upacara bendera, melakukan piket sesuai jadwal, dan selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.

Oleh karena itu, murid-murid sekalian mesti bisa menerapkan kedisiplinan di dalam diri masing-masing terutama saat di lingkungan sekolah. Sebab, hal itu sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi sekolah.

Mungkin itu saja yang dapat Bapak sampaikan dalam pidato kali ini. Dengan segala kerendahan hati, Bapak memohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dalam pidato yang tadi telah disampaikan. Semoga pidato tersebut bermanfaat dan mampu dilaksanakan oleh murid-murid sekalian.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh di atas hanya sebagian kecil dari contoh pidato singkat tentang kedisiplinan. Pembaca bisa mengembangkan dan membuat sendiri contoh dari teks pidato dengan menggunakan jenis-jenis kata, jenis-jenis frasa, contoh klausa dalam bahasa Indonesia, contoh paragraf pembuka, contoh paragraf penutup, contoh kalimat pernyataan dalam bahasa Indonesia, contoh kalimat dan paragraf persuasi, serta fungsi kata baku. Adapun pembahasan artikel kali ini dicukupkan saja sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik dalam bahasan pidato khususnya, maupun bahasa Indonesia pada umumnya. Sekian dan terima kasih.

, , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, December 2017 / 06:04 Oleh :
Kategori : Pidato